Selasa, 29 Mei 2012

Tips Membeli HP Bekas Yang Masih Berkualitas

kali ini kita akan membahas tips membeli hp bekas yang kualitasnya masih baik dan layak digunakan. Saat ini perkembangan hp sangat cepat baru kemaren muncul tipe baru, sekarang sudah ada yang lebih baru lagi dengan seabreg fitur yang canggih.
Bagi yang sering gonta-ganti hp mungkin hp second atau bekas yang menjadi pilihan utama. Banyak alasan kenapa orang memilih hp bekas, dan alasan utamanya adalah harganya yang cukup miring jika dibandingkan dengan harga handphone yang masih baru.
Oleh karena itu kita harus bisa memilih hp bekas dengan kualitas yang baik agar tidak keblocol (istilah orang jawa). Banyak faktor yang harus kita pertimbangkan saat membeli hp second, dan berikut ini adalah beberapa tips membeli hp bekas namun berkualitas.

Tips Membeli HP Second

Dari Segi Harga
Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang lebih mengincar hp second. Tapi anda jangan mudah tertipu dangan penawaran harga yang sangat murah, karena bisa-bisa malah anda tertipu karena barangnya sudah jelek. Lakukan survei terlebih dahulu sebelum memneli hp second, cek harga pasaran melalui beberapa situs hp online.
Cek Kondisi Fisik
Jika harga sudah cocok, yang harus anda perhatikan selanjutnya adalah mengecek fisik hp tersebut apakah masih bagus atau sudah lecet. Asumsinya begini, jika bagian luar hp tersebut masih bagus, kemungkinan besarnya hp tersebut masih mulus. Akan tetapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan cacat pada bagian dalamnya. Jadi pastikan periksa secara teliti semua tombol masih berfungsi dengan baik atau tidak.
Periksa Fitur
Anda bisa menjajal berbagai fitur yang dimiliki hp tersebut, misalnya kamera, audio, nada dering, getar, flash, dan fitur-fitur lainnya. Pastikan semua fitur dapat berjalan dengan baik dan tidak ada eror sama sekali selama pengetesan anda lakukan.
Cari Yang Bergaransi
Inilah salah satu tips membeli hp second yang sangat penting. Pilihlah handphone bekas yang masih bergaransi, ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya hp yang kita beli tiba-tiba rusak, maka kita tidak perlu pusing karena masih ada garansi.
Cek Nomor Imei
Pastikan nomor imei yang ada pada handphone dan kardusnya sama. Jika anda menemukan perbedaan nomor imei, maka sebaiknya urungk.an niat anda untuk membeli hp tersebut. Karena bisa saja handphone tersebut palsu atau barang gelap.
Pastikan Kelengkapan dan Peripheral
Yang tidak kalah penting adalah kita juga perlu memastikan kelengkapan pendukung antara lain kardus, charger, headset, kartu garansi, nota, buku panduan, kabel data dan lain-lain.
Awas Tipu-Tipu
Jika anda melakukan transaksi secara online ada baiknya anda menggunakan rekber agar dapat meminimalisir tidak penipuan yang sekarang ini sedang marak. Atau jika ingin lebih aman anda bisa melakukan cash on delivery (cod). Disini anda akan bertemu penjual secara langsung, jika sudah cocok maka transaksi bisa dilanjutkan. Itulah beberapa tips membeli hp bekas selamat berbelanja.

1 komentar: